Pembagian Warna

Manusia dikaruniai sepasang mata, dengan mata tersebut kita dapat melihat beraneka bentuk dan warna. Namun mata tidak akan berfungsi jika tidak ada cahaya. Dalam postingan ini kita tidak akan membahas tentang fungsi mata, namun tentang warna. Kita setiap saat setiap waktu disuguhi bermacam-macam warna. Saat dijalan raya misalnya, kita akan melihat berbagai bentuk kendaraan dengan warna warna yang beragam. Di rumah kita juga dihadapkan pada warna warna perabot dan juga warna dinding rumah. Di pegunungan pun, akan kita saksikan aneka warna pada bunga-bunga, pohon, dahan dan lain sebagainya.

Apa itu warna? Warna adalah suatu bentuk cahaya atau radiasi gelombang elektromagnetik, yang dihasilkan dari cahaya yang berwarna putih. Seseorang dapat melihat warna berkat adanya cahaya yang masuk ke mata. Itu sebabnya manusia tidak dapat melihat warna dalam ruangan yang gelap tanpa cahaya. Cahaya itu dapat berasal dari cahaya matahari maupun cahaya buatan seperti lampu. 

Pembagian warna

Warna Primer
Warna yang sering kita lihat seperti merah, kuning dan biru, merupakan warna pokok atau primer. Disebut warna primer karena warna-warna tersebut tidak dapat diperoleh dari campuran-campuran warna lainnya. 

Warna Sekunder
Warna sekunder adalah warna-warna hasil percampuran dua warna primer. Jika warna primer adalah merah, kuning, dan biru, maka percampuran merah dan kuning akan membentuk warna sekunder yaitu orange. Percampuran merah dengan biru akan menghasilkan warna ungu. Jika warna kuning dicampur warna biru akan didapati warna hijau . Jadi warna orange, ungu dan hijau merupakan warna sekunder. 

Warna Tersier
Warna tersier diperoleh dengan mencampur warna sekunder dan warna disebelahnya pada lingkaran warna. 

Kuning + orange = kuning orange (golden yellow)
Merah + orange = merah orange (burnt orange)
Kuning + hijau = kuning hijau( lime green)
Biru + hijau = biru hijau (  turquoise)
Biru + ungu = biru ungu( indigo)
Merah + ungu = merah ungu ( crimson)

Itulah pembagian warna, dan untuk lebih jelasnya lagi tentang warna dapat di baca pada
unsur-unsur warna dalam seni rupa